Minggu, 29 Mei 2011

Korekan Harian Untuk YAMAHA JUPITER Z by : ONCUN SPEED MEDHANT

Aplikasi korek mesin bukan hanya berujung pada penggunaan motor di lintasan balap a.k.a Circuit, juga ga harus bikin motor wajib ngandang di bengkel mulu karena emang udah ga bisa dipake harian, dan terus menerus di riset untuk perkembangan dan maintenance.Disini ONCUN SPEED MEDHANT memberikan beberapa contekan korek harian mesin untuk Jupiter Z.

Korek harian bisa saja dibatasi oleh rasio kompresi dan bahan-bakar yang akan dipakai, karena pilihan di pompa bensin cuma ada premium untuk kompresi 9 : 1 hingga pertamax plus yang kuat menahan kompresi 11:1, tapi untuk part lain bebas dan tidak ada aturan mau seberapa ekstreme hehehehee…



Seperti yamaha jupiter z yang satu ini, modif pertama yang disasar adalah meningkatkan kapasitas mesin dari 110cc menjadi 130cc yang ditempuh dengan cara menebus piston izumi 53. Agar masih dapat digunakan sehari-hari maka liner bawaan pabrik pun dilengserkan dan diganti dengan boring milik Kawasaki Kaze, hanya saja panjangnya perlu disesuaikan dengan milik Jupiter Z.

Kelar menata rasio kompresi, maka selanjutnya menyasar pada diameter porting intake yang reamer sebesar 22mm agar mampu diajak berlari penuh tenaga di putaran mesin 10,000 RPM. Noken As pun tak luput menjadi sasaran modifikasi, dijadikanlah noken as racing jupiter z dengan durasi ditentukan 280 derajat dengan lift 8.1mm untuk intake dan 7.9mm untuk exhaust.

Knalpot menebus dari AHAU MOTOR type 2, CDI cukup mengandalkan CDI YAMAHA Jupiter keluaran pertama yang warna Silver . Sebagai pengunci ubahan modifikasi dipilihlah karburator Shogun SP 125 untuk mendampingi keseharian anda.



Spesifikasi teknis : Porting inlet 22 mm , porting exhaust 20mm, Piston IZUMI, Klep inlet dan exhaust Honda Legenda, Camshaft 280', Rocker arm Vega Lama, Pir Klep Suzuki Shogun, knalpot AHAU dimodif ulang dengan knalpot standard (KONDOM), kampas kopling Honda Grand, pir kopling Yamaha RX-King.

1 komentar: